Cerita Anak Hiburan Hobi Latihan Menulis Komunitas Motivasi dan Inspirasi Tips dan Trik

Resep Mudah, Murah, Meriah dan Bikin Sumringah

Resep Mudah, Murah, Meriah dan Bikin Sumringah

Oleh: Ribka ImaRi

“Hati-hati ya, Bun. Semoga Bunda nggak kena corona.” Begitulah pesan dan doa polos Jehan. Anak gadisku yang masih berusia 5,5 tahun saat melepasku ke luar rumah semalam.

Ya, aku terpaksa ke luar rumah lagi hanya demi membeli tepung maizena, yang semula kusangka masih ada stoknya di kulkas. Ternyata sudah habis entah kapan. Aku benar-benar lupa.

Padahal hanya butuh sebanyak 4 sendok makan saja. Namun karena ini salah satu bahan utama untuk mengentalkan vla dan tidak bisa digantikan oleh tepung lainnya, aku jadi keluar rumah lagi untuk membelinya.

Walaupun keadaan lingkungan sedang mencekam di tengah wabah corona. Aku tetap berjuang demi binar indah mata anak gadisku yang menanyakan terus, “Kapan kita bikin cheesecake-nya, Bun?”

“Akhirnya semua bahan sudah ada, baiklah mari kita buat, Nak.” kataku penuh semangat.

OREO CHEESECAKE LUMER

Resep dari channel youtube Domo Bramantyo https://youtu.be/ALt65gMxwik

Bahan :
1 bungkus oreo ukuran 15 keping
80 gram keju parut
500 ml susu cair (merk apa saja)
6 sdm susu kental manis (SKM)
3 sdm gula pasir
4 sdm maizena campur dengan air 50 ml, aduk rata

Toping :
50 gram keju parut

Cara buat :
1. Buang cream pada oreo kemudian haluskan oreo dengan cara ditumbuk atau di gerinder (blender kecil untuk bumbu), lalu sisihkan.
2. Siapkan panci, masukkan susu cair, gula, SKM dan keju. Aduk rata lalu masak di atas api sedang sampai beruap. Setelah itu tambahkan maizena cair tadi. Aduk terus sampai meletup-letup. Kemudian matikan api.
3. Siapkan wadah berupa cup ukuran apa saja. Saya pakai cup ukuran 300 ml. Ratakan oreo yang sudah dihaluskan tadi secukupnya di dasar cup, lalu tambahkan vla yang sudah di masak, ratakan. Kemudian tambahkan oreo lagi, tambahkan vla lagi. Begitu seterusnya sampai terisi penuh wadahnya. Terakhir beri topping parutan keju.
4. Diamkan sampai cukup dingin lalu masukkan kulkas selama 3 jam, baru enak dimakan.

Tips :
1. susu cair bisa diganti dengan susu bubuk 5 sdm yang dicairkan sampai 500 ml
2. Saat sudah meletup-letup jangan terlalu lama agar vla tetap encer sehingga bisa lumer saat dimakan.

Selamat mencoba

Resepnya sangat mudah. Bahan-bahannya juga mudah. Membuatnya pun meriah bersama anak. Terbayar rasa lelah, saat Jehan senyum sumringah mencoba dessert (kue hidangan penutup) yang menggugah selera.

Daripada sibuk memikirkan rasa takut terhadap virus corona, yuk fokus bikin cemilan yang membuat wajah anak merona😍😍

Foto : dokumentasi pribadi

Oia, resep ini nantinya akan saya kirim sebagai naskah NuBar Area Sumatera “Aneka Resep Favorit” dengan PJ Mbak Asri Susila Ningrum. Nantikan buku terbitnya!

rumahmediagroup/ribkaimari

0Shares

Anda mungkin juga suka...