Kelas Mengasuh Inner Child (MIC) Mindfulness Parenting Tulisan Ribka ImaRi (Owner)

Profil Mentor Kelas Mengasuh Inner Child (MIC)

Oleh: Ribka ImaRi

Sumber foto: dokumentasi pribadi

Ribka ImaRi adalah nama pena-nya. Lahir di Cilacap, Jawa Tengah, pada 29 September 1980 dengan nama lengkap Ribka Triwahyu Listiyaningsih, S.H.

Sedari usia 3 bulan, Ribka ImaRi dibesarkan oleh kedua orang tuanya di Kota Jakarta sampai selesai jenjang SMU. Kemudian ia kuliah di Semarang pada tahun 1999. Ia juga pernah bekerja di perusahaan farmasi asing, PT. Eisai Indonesia untuk penempatan area Padang, Sumatera Barat di tahun 2005-2007.

Lalu ia menikah tahun 2010 dan tinggal di Depok, Jawa Barat sampai 2016. Sejak Juni 2016 sampai sekarang, ia tinggal di Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah atas rencana Tuhan dan dipindahkan suami karena keadaan terutama karena luka batin yang berasal dari orang tua dan tetangga depan rumah.

Sumber foto: dokumentasi screenshoot dari facebook Ribka ImaRi

Hingga benar-benar merasa tidak kuat lagi akibat terkena serangan depresi berkali-kali. Akhirnya memilih pindah meski harus LDRan dengan suami dalam keadaan seorang diri tanpa pendampingan siapa pun kecuali Tuhan. Hanya bersama dua anaknya yang masih kecil-kecil pada Juni 2016. Tyaga baru berusia 4 tahun 3 bulan dan Jehan 22 bulan

Ribka ImaRi, yang kini seorang Mentor kelas parenting online adalah seorang Sarjana Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Ia lulus pada April tahun 2004. Namun kecintaan pada kedua anaknya, membuatnya lebih tertarik pada bidang parenting dibanding bidang hukum.

Jiwa masa kecil (Inner Child), trauma-trauma kekerasan sejak masih janin dalam kandungan oleh bapak kepada mama, masa kecil, remaja, hingga dewasa menikah, semuanya semasa hidupnya, pengalaman hidupnya sendiri, pengalaman melihat lingkungan sekitar dan banyak membaca ilmu parenting baik dari buku maupun dari internet, dijadikan pelajaran berharga untuk mengasuh dan mendidik kedua anaknya. Pada akhirnya ia bisa berbagi pengalaman agar ibu lain tidak mengalami hal yang sama seperti dirinya sampai harus mengalami Depresi Pengasuhan akibat luka batin inner child.

Anak laki-lakinya yang bernama Tyaga yang sekarang berusia 9,9 tahun dan perempuan yang bernama Jehan, berusia 7,4 tahun, yang sering dipanggil dengan singkatan TJ, telah menjadi guru kecilnya dan sumber semangatnya untuk bangkit dari depresi dan bipolar.

Sumber foto: dokumentasi pribadi

Dua penyakit kejiwaan yang telah dianggapnya sebagai anugerah pemberian Tuhan, nyatanya telah ia sandang bahkan sejak kecil. Padahal baru terdiagnosa oleh psikiater dr. Wiharto, di RS. Margono Geriatri, Purwokerto ketika ia memberanikan diri memeriksakan keadaan jiwanya di usia yang ke-36 tahun pada 26 Januari 2017. Dalam keadaan membawa serta dua anaknya sampai ke depan meja psikiater yang kala itu masih berusia 4 tahun 10 bulan (Tyaga) dan 2 tahun 5 bulan (Jehan).

Berkat pertolongan Tuhan dan seorang mentor kelas online Bapak Supri Yatno, Ribka ImaRi yang kini menjadi mentor juga, telah berjuang belajar dan berlatih MINDFULNESS PARENTING selama lima tahun sejak Agustus 2016. Akhirnya ia bisa pulih tanpa obat psikiatri dengan cara mengasuh dirinya sendiri lebih dahulu. Lalu mengasuh kedua anaknya agar berjiwa sehat sejak dini. Lepas dari belenggu kekerasan fisik dan psikis sejak tahun 2018.

Kemudian yang terbaru, di tahun 2021 ini, suaminya sudah bisa kalem tanpa ledakan, sudah bisa sangat lembut, tanpa amarah dan kekerasan yang berarti seperti dulu.

MasyaAllah … alhamdulillah pencapaian terakhir ini yang membuatnya sangat ingin berbagi pengalaman bagaimana bisa bertahan dalam pernikahan yang dulu “sakit”, kemudian bisa mengasuh IC dirinya yang pernah penuh ledakan inner child (IC) sekaligus mengasuh suami yang IC-nya saling memicu sampai akhirnya menjadi sebuah pernikahan yang sehat.

Semua pengalaman hidup di atas yang berasal dari pola asuh dulu, pernah berpengaruh pada pola asuh anak-anaknya. Ia dan suami pun bertekad memutus rantai kekerasan pada kedua anaknya.

Sumber foto: dokumentasi pribadi

Atas pemeriksaan psikolog anak di RS. Ananda, Purwokerto, Jawa Tengah oleh Ibu Kurniasih Dwi, P., pada 11 Febuari 2020, kedua anaknya yang pernah mengalami KDRT fisik dan psikis oleh ayah dan bundany, bisa dinyatakan sehat jiwanya.

Mengobati luka-luka batinnya hanya demi mengobati luka batin kedua anaknya dan suaminya juga.

Sejatinya MINDFULNESS PARENTING itu sebuah ilmu mengasuh anak adalah mengasuh diri orangtua terlebih dulu.

Mentor dapat dihubungi di FB Ribka ImaRi

Website imariscornerparenting.com
www.facebook.com/ribkaimari dan email ribkaribka957@gmail.com serta whatsapp 085217300183.

Sokaraja, 10 September 2021

Diperbaharui 5 Desember 2021

-Ribka ImaRi-
❤️Penulis 40 buku Antologi sejak Januari 2019 (Sebanyak 35 antologi sudah terbit, 26 dari Penerbit Rumedia, 8 dari Wonderland Publisher dan 1 dari Aksana Publisher)
❤️Depresi & Bipolar Survivor (2015-2018)
❤️Owner usaha cemilan ImaRi’s Corner (2017-2019)
❤️Mentor Kelas Seni Mengasuh Anak (SMA/2018-2019)
❤️Mentor Kelas Tantrum Anak (KTA/2018-2019)
❤️Mentor Kelas Mengasuh Inner Child (MIC/Desember 2019-Sekarang)
❤️Mentor Kelas The Power of Sounding (TPS/2020-Sekarang)
❤️Mentor Kelas Healing Anak oleh Ibu (HAI/2020-Sekarang)
❤️Mentor Kelas Be Mindfulness Wife (BMW/Mei 2021-Sekarang)
❤️Founder support grup wa ImaRi’s Corner Parenting (Desember 2019-sekarang)
❤️Owner website binaan Rumah Media: ImaRi’s Corner Parenting (April 2020-sekarang)
❤️imariscornerparenting/ribkaimari

0Shares

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan