Curahan Hati Kisah Hikmah Latihan Menulis Komunitas Motivasi dan Inspirasi Parenting

Praktik Pausing Perasaan Negatif Bagi Pejuang Depresi dan Bipolar

Praktik Pausing Perasaan Negatif Bagi Pejuang Bipolar

Oleh: Ribka ImaRi

“Jangan lupa bahagia hari ini”

Dulu, aku pernah menyangkali tagline di atas. Bagi pejuang Bipolar sebenarnya mudah saja untuk menghadirkan kutub positif, bahagia. Namun, di saat yang bersamaan itu pula, kelebat-kelebat masa lalu muncul menjadi kutub ngatif. Lalu seketika memicu kesedihan mendalam, kemarahan memuncak, kegelisahan membuncah.

Kedua kutub itu hadir secara bersamaan tanpa bisa dibendung menjadi mood swing. Semula bahagia, tiba-tiba sedih atau marah. Akan tetapi, setelah belajar mindfulness parenting, dengan menggunakan teknik pausing (jeda sejenak untuk kutub negatif) kemudian lama kelamaan aku menjadi fasih untuk stop perasaan negatif.

Dengan segera mencari kegiatan yang membangkitkan rasa bahagia kembali, seperti contoh memasak sayuran berwarna cerah seperti ini. Sambil membayangkan senyum cerah kedua anakku saat memakannya.

Pikiranku terus menerus aku ajak untuk berpikir positif terus. Dengan tetap afirmasi positif bahwa segalanya akan baik-baik saja hari ini asalkan aku tetap berlaku baik ke suami dan anak. Sesulit apapun hari ini, aku percaya Allah memampukan.

Hasilnya, pagi ini bisa menangani serangan panik sesaat. Berupa debar-debar kencang di jantung secara tiba-tiba, entah apa yang memicu (masih samar). Bersama aliran air cucian piring dan cucian sayuran, aku segera membuang sampah emosi dari serangan panik. Agar hariku tetap bahagia sedari pagi.

Beginilah caraku untuk stabil emosi selama seharian dari melek mata pagi hari sampai terpejam malam hari. Segera membuang sampai emosi agar jangan sampai tak sengaja melampiaskannya kepada Tyaga dan Jehan. Bismillah

Foto: dokumentasi pribadi

Sokaraja, 17 Januari 2020

rumahmediagroup/ribkaimari

Ikuti kulwap GRATIS

“Mengenali Inner Child Diri Sendiri, Suami dan Anak dari Hal Sepele dalam Aktivitas Sehari-hari”

Mentor : Ribka ImaRi (Penyintas Trauma Inner Child)

Hari: Jumat, 24 Januari 2020

Pukul: 19-22 wib

Silakan klik tautan di bawah ini:

https://chat.whatsapp.com/Da67YMqinap18vEcLRP6zd

0Shares

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan