Latihan Menulis Komunitas Tips dan Trik

Metode 5.30.7

Metode 5.30.7

Oleh: Ribka ImaRi

Selagi hari ini tema Challenge Menulis-nya adalah tema bebas, aku mau berbagi sebuah metode memasak. Yang sebenarnya sudah beberapa waktu lalu ku baca dari postingan seorang teman di FB, tapi aku sendiri lupa postingan itu milik akun FB siapa. Jadi selanjutnya aku mencari informasi rincinya di Google.

Sebuah metode memasak milik Fah Ummi Yasmin yang di kenal dengan kode 5.30.7. Semula aku penasaran. Apa makna di balik angka tersebut? Akhirnya aku membaca beberapa artikelnya di Google.

Setelah membacanya, aku mencoba mencerna maksud dari metode memasak ini. Yang tertangkap oleh otakku, yakni:

1. Kode 5 adalah memasak/merebus bahan, misal daging, kacang hijau dan lain-lain, dengan panci tertutup sempurna, sampai mendidih selama 5 menit pertama dengan api kompor tetap menyala.
2. Kode 30 adalah selanjutnya mematikan kompor selama 30 menit dengan panci tetap tertutup sempurna.
3. Kode 7 adalah lanjutkan menyalakan kompor, masak kembali sampai mendidih terhitung 7 menit dari saat mulai mendidih sampai dengan selesai mematikan kompor kembali sebagai tanda selesai proses memasak/perebusan.

Nah, pagi tadi aku mencoba merebus daging ayam untuk dimasak opor. Sebenarnya ini percobaanku yang kedua. Tetapi karena percobaan yang pertama masih belum disiplin menit per menitnya, jadi aku mencobanya lagi tadi pagi.

Dan percobaan kedua ini, aku benar-benar merinci untuk 5 menit pertama, selanjutnya 30 menit dan kemudian 7 menit terakhir. Jadi total memasak selama 42 menit. Namun hanya membutuhkan 12 menit pemakaian gas.

Hasilnya? Taraaaaaaa… Ajaib!!!
Meski total pemakain gas hanya 12 menit. Tapi hasilnya empuk sempurna seperti yang terlihat pada foto dibawah ini. Ada bongkahan daging ayam yang terbuka tanda sudah matang dan empuk. Dan memang benar-benar empuk sewaktu ku cicipi sesaat sebelum ku masukkan bumbu opornya.

Setelah matang dan ku hidangkan kepada kedua anakku, Tyaga usia 6 tahun 11 bulan dan Jehan 4 tahun 6 bulan. Mereka dapat mengunyah daging ayam opor tanpa kesulitan yang berarti karena memang benar-benar empuk.

Alhamdulillah… Jadi bisa sering-sering masak daging tanpa takut gas cepat habis. Demikian metode memasak 5.30.7 ini aku share. Selamat mencoba!
Cc Bu guru Itsna Luthfina Zuraida

-BundaImaRi-

#NubarSumatera
#ChallengeMenulis
#TemaBebas
#Day29
#21Febuari2019

0Shares

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan