Antologi Curahan Hati Depresi Inner Child Inspirasi dan Motivasi ala ImaRi Kelas Mengasuh Inner Child (MIC) Mindfulness Parenting nge-PJ Rumedia Tulisan Ribka ImaRi (Owner) Writing For Healing

Menulis untuk Menyembuhkan (Banyak) Luka Batin Terpendam

Oleh: Ribka ImaRi

Selamat pagi Sahabat ImaRi’s dan sobat NuBaršŸ˜

Wah tumben ya, kali ini aku menyapa sekaligus dengan sebutan Sobat NuBar. Apa itu NuBar? Klik di sini yuk! NuBar Rumedia

Silakan dibaca pelan-pelan, dicermati dan temukan bonus spesialnyašŸ˜

Sebagai Mentor Kelas Mengasuh Inner Child (MIC), aku banyak di wapri para Mentee atau alumninya yang tergabung di wa grup support ImaRi’s Corner, yang menyatakan testimoni seperti di bawah ini:

Sumber gambar: dokumentasi pribadi

Satunya mengatakan, “Gali akar pemicu amarah (menulis) caraku melepas mental korban.”

Satunya lagi bilang, “Menulis sangat membantu mencari akar permasalahan kita.”

Berikut ini juga ada bukti screenshoot dari beberapa kontributor NuBar Rumedia yang merasakan kelegaan setelah menulis.

Sumber gambar: dokumentasi pribadi

Sumber gambar: dokumentasi pribadi

Sumber gambar: dokumentasi pribadi

Nyata benar, segala perjuangan menyembuhkan luka batin yang bersumber dari orang terdekat kini berujung kelegaan dan kebahagian setelah rajin menulisnya.

WFH (Writing For Healing)

Hal ini yang membuatku sangat ingin berbagi untuk banyak jiwa yang masih terluka, untuk bisa berjuang terapi WFH. Sebuah terapi menulis untuk menyembuhkan luka batin. Dengan menulis semua luka batin terpendam, dikorek-korek untuk proses penyembuhan. Lama kelamaan perasaan terluka bisa membaik bahkan bisa berdamai dengan orang yang pernah menyakiti. Rasa sakit hati yang tanpa disadari bisa berasal dari kedua orangtua, suami, saudara, tetangga, ipar, teman dan atasan.

Tuhan izinkan aku pernah mengalami semuanya. Namun aku sadar untuk memilih menuliskannya, hingga luka batin terpendam itu bisa rilis, lepas dan tuntas. Sampai akhirnya tidak lagi memicu emosi sama sekali, meskipun sampai saat ini aku masih mengingatnya dengan sangat rinci.

2017 Momen Berdamai dengan Bapak dan Mama

“Sungguh ā€¦ tidak ada seorang pun anak yang mau durhaka kepada orangtuanya, terutama ibu.ā€ Kalimat ini selalu terngiang ditelinga dan pikiran manakala dendamku membuncah. Ingin kuledakkan saja rasanya. Namun aku tak mau menjadi anak durhaka terus menerus. Aku lelah hidup dalam belenggu dendam bahkan sampai usiaku menjelang usia 37 tahun di tahun 2017.

Sekarang Febuari 2021, aku beryukur hatiku terasa damai karena sudah bisa tuntas berdamai dengan bapak dan mamaku seperti yang kutulis dalam Surat untuk Bapak dan Mama.

Aku ingin sedikit bercerita kisahku berdamai dengan satu per satu sosok yang bagiku pernah menyakiti, salah satunya mama.

Siang yang terik di tanggal 27 Agustus 2017. Namun berbeda 180Ā° dengan suasana hatiku yang mendung. Hatiku sedang merasa sangat sedih. Sejak belajar MINDFULNESS, ilmu kesadaran pikiran, aku sudah hapal, kali ini bukan sedih biasa, tetapi kesedihan mendalam bagi seorang penyintas depresi dan bipolar sepertiku.

Karena kelebat-kelebat ingatan akan peristiwa menyakitkan lebih dari tiga tahun lalu. Sebab tanggal 27 Agustus adalah tepat seminggu selepas melahirkan Jehan. Tubuhku cerdas mengirimkan banyak sinyal sensasi stres yang mengingat semua kejadian yang pernah membuatku dendam pada mama. Terlebih pada bapak. Tak terhitung lagi dendam kesumatku selama berpuluh tahun.

Padahal sebenarnya bapak dan mamaku sudah berlaku baik sebagai orangtua. Namun, kenyataanya aku pernah terluka akibat perlakuan orangtua. Tapi aku tak ingin menua dalam dendam. Sampai akhirnya aku memaafkan bisa tuntas, seperti yang kutulis dalam Proses Islah dengan Bapakku yang Paling Kubenci Selama 37 Tahun Usiaku.

Semua kisahku berproses menyembuhkan luka batin, kutulis secara rinci di artikel ini Terapi Writing to Healing Caraku Memaafkan Mama Sampai ke Dasarnya dan Radical Acceptance Tak Ingin Membawa Luka Batin Sampai Mati.

Atas seizin-Nya, terapi WFH ini berhasil menjadi jalan kesembuhanku yang sudah depresi karena pernah merasa tidak berharga di mata orangtua, akibat tumpukan luka pengabaian sedari masa kecilku. Hingga akhirnya aku benar-benar bisa sembuh seperti sekarang ini. Meskipun masih teringat secara rinci semua perlakuan yang menyakitkan dari kedua orangtua, aku sudah bisa MENERIMA SEPENUH JIWA. Karena aku belajar memahami Bapak dan Mama pun pasti pernah terluka batinnya saat masih anak-anak sampai sebelum dewasa sehingga setelah menjadi orangtua, jadi melukai kami anaknya.

Sebab rantai perlukaan itu sungguh benar adanya, “Orangtua yang terluka, akan melukai anaknya. Jadi sembuhkan dulu lukamu, hai orangtua. Demi anakmu sehat jiwanya sedari kecil.”

Menjadi Mentor Kelas Parenting

Berkat anugerah-Nya, aku jadi bisa mengajarkan cara berjuang sembuh dari luka batin akibat perlakuan orangtua atau dari siapapun, di kelas parenting online yang kuasuh. Yakni Kelas Mengasuh Inner Child (MIC) Batch 1 yang pertama kali di mulai pada bulan Desember 2019. Hingga kini sedang berjalan sampai Batch 14 pada Febuari 2021. Kelas ini akan terus kubuka yang telah sampai Batch 15 di tanggal 14-21 Maret 2021 nanti dan seterusnya hingga banyak jiwa anak (IC) yang masih terluka menjadi sembuh. Aamiin.

10 Serial Writing For Healing di NuBar Rumedia:

Yuk! tuangkan kisah pedihnya yang pasti mengharukan dan juga menegangkan, tetapi bisa menginspirasi banyak jiwa yang masih terluka.

Sumber gambar: dokumentasi pribadi edit by canva

1. Ada Maaf untukmu, Ayah (full)

2. Ada Maaf untukmu, Ibu (full)

3. Ada Maaf untukmu, Saudara

(sisa 16 seat)

4. Ada Maaf untuk, Anak

(sisa 19 seat)

5. Ada Maaf untukmu, Pasangan

(sisa 11 seat)

6. Ada Maaf untukmu Mertua

(sisa 13 seat)

7. Ada Maaf untukmu, Ipar

(sisa 17 seat)

8. Ada Maaf untukmu Tetangga

(sisa 16 seat)

9. Ada Maaf untukmu Teman

(sisa 16 seat)

10. Ada Maaf untukmu Atasan

(sisa 19 seat)

S & K

S dan K, masih mengacu pada S dan K semua event Nubar. Baca dengan teliti ya S dan K-nya di S & K NuBar Rumedia Area Sumatera 2021.

Bonus dari NuBar Rumedia

Bonus 1 buku+1 piala untuk naskah terbaik loh! Juga sertifikat untuk semua kontributoršŸ˜šŸ˜

Komitmen

1. Komitmen 1, mengirim naskah sesuai DL (DeadLine), serentak 25 Maret 2021.
2. Komitmen 2, masa transferan, serentak 1 -20 April 2021. Karena setiap kontributor diberlakukan minimal pembelian sebanyak 3 buku @51 ribu dan akan mendapat bonus 1 buku (belum termasuk ongkos kirim). Total transfer sekitar 175 ribu untuk yang domisili di Pulau Jawa. Waaah asyik kaaan dapat bonus 1 buku. Biar semua semangat mempromosikan buku NuBar nantinyašŸ˜

Bonus dari PJ

Eits! Selain bonus dari NuBar Rumedia, ada bonus dari PJšŸ˜

1. Untuk 10 Naskah TERCEPAT di setiap serial (8 Event) yang mengirimkan naskah paling lambat tanggal 10 Maret 2021 akan mendapatkan voucher GRATIS senilai 100K untuk ZOOMINAR oleh Mentor Ribka ImaRi (PJ) dan Trainer Renny Artanti ( STIFIn Family & Business Trainer) yang juga kontributor WFH serial “Ada Maaf untukmu, Ayah dan Ada Maaf untukmu, Ibu.”

Sumber gambar: dokumentasi pribadi, edit by canva.

STIFIn adalah ilmu tentang kepribadian atau sifat dasar genetik seseorang yang dilakukan dengan cara tes yang sifatnya cepat (+/- 15 menit), akurat (scan 10 sidik jari tanpa pertanyaan) dan aplikatif (bisa diterapkan di berbagai aspek : komunikasi, pengembangan diri, mengasuh anak, hubungan suami istri, menyembuhkan trauma, memilih profesi, bisnis, kesehatan, keuangan dan banyak lagi).

2. Untuk 3 email TERCEPAT di setiap event (8 Event) yang mengirimkan naskah paling lambat tanggal 28 Febuari 2021 akan mendapatkan bonus berupa voucher senilai 100 ribu untuk kelas MIC Batch 16 di bulan April 2021.

Dengan S & KšŸ‘‰setelah selesai proses transfer event tanggal 1-20 April 2021, voucher baru bisa digunakan untuk kelas di bulan berikutnya. Jika kontributor sudah pernah ikut kelas MIC, voucher bisa diberikan kepada orangtua/pasangan/saudara/sahabat.

Jadi 3 naskah tercepat akan mendapat DOBEL BONUS ya

Wah … wah … wah … berlipat-lipat keuntungannya ikut NuBar ini yašŸ˜

8 event DL Serempak 25 Maret 2021

Segera wapri Ribka ImaRi 085217300183, selaku PJ (Penanggung Jawab) event WFH.

Syarat Kirim Naskah

1. Isi naskah berisi perjuangan memaafkan meski pada kenyataannya belum bisa memaafkan sepenuhnya, tapi tetap berniat dan berjuang memaafkan.

2. Isi naskah diutamakan berdasarkan kisah nyata kontributor/penulis setelah mengikuti kelas Mengasuh Inner Child (MIC Batch 1-15) atau setelah membaca sumber bacaan dari websitenya PJ, imariscornerparenting. Sehingga ada teknik-teknik memaafkan yang dibagikan ke pembaca melalui tulisan, salah satunya teknik ACCEPTANCE (Penerimaan) seperti pada contoh artikel-artikel yang telah kushare linknya di atas.

3. Isi naskah boleh menceritakan kisah orang lain. Nama/tokoh cerita dan lokasi boleh disamarkan/diganti.

4. Naskah bukan full fiksi atau imajinasi.

5. Bentuk naskah WORD, dengan ketentuan:
-Minimal 2 halaman, maksimal 4 halaman.
-Fonts: Book Antiqua Ukuran 11
-Style: Normal
-Layout: Margins Atas 2 cm, Bawah 2 cm, Kiri 2 cm, Kanan 2 cm
-Size: A4 (21 cm x 29,7 cm)
-Judul: HURUF BESAR SEMUA, cetak tebal, letak di tengah (center)
-Nama penulis, di bawah judul dan di dalam kurung.
-Di bawah nama penulis enter dulu 7x, baru menulis paragraf pertama
-Paragraph Formatting:
Justify
-Special Indent: First Line
-Line Spacing: 1,5 cm
-Daftar pustaka (kalau ada)
-Profil penulis (maksimal 100 kata)
-Foto close up (sendiri)

Naskah, profil dan foto dalam 1 file dikirim ke mailto:ribkanulis@gmail.com dengan subjek WFH_Saudara/Anak/Pasangan/Mertua/Ipar/Tetangga/Teman/Atasan (pilih salah satu).

6. Hal yang belum diatur akan dilengkapi selanjutnya, seiring perkembangan event ini.

Best Regard,

Sokaraja, 15 Febuari 2021
-Ribka ImaRi/PJ-
šŸ’®Penulis 33 buku Antologi sejak Januari 2019. (Sebanyak 19 antologi sudah terbit, 13 NuBar di Rumedia, 6 di Wonderland Publisher)
šŸ’®Depresi & Bipolar Survivor (2015-2018)
šŸ’®Owner usaha cemilan ImaRi’s Corner (2017-2019)
šŸ’®Mentor Kelas Seni Mengasuh Anak (SMA/2018-2019)
šŸ’®Mentor Kelas Tantrum Anak (KTA/2018-2019)
šŸ’®Mentor Kelas Mengasuh Inner Child (MIC/2019-Sekarang)
šŸ’®Mentor Kelas The Power of Sounding (TPS/2020-Sekarang)
šŸ’®Mentor Kelas Healing Anak oleh Ibu (HAI/2020-Sekarang)
šŸ’®Founder support grup wa ImaRi’s Corner Parenting (2020-sekarang)
šŸ’®Owner website binaan Rumah Media: ImaRi’s Corner Parenting (April 2020-sekarang)
šŸ’®imariscornerparenting/ribkaimari

0Shares

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan