Latihan Menulis Komunitas Parenting

Membangun Citra Diri Positif pada Anak Perempuan

Sumber foto : dokumentasi pribadi

Membangun Citra Diri Positif pada Anak Perempuan

“Oh iya … benar kata Bunda! Kalau diwarnai semakin cantik gambarnya. Kayak Dede cantiknya ya, Bun.” kata Jehan, anak perempuanku yang baru berusia 5 tahun 3 bulan.

Dalam hatiku, ‘pede sekali anak ini.’ Tapi hanya dalam hati saja. Tidak terucap dimulutku demi tidak meledek anak gadis kesayangan yang sedang membangun kepercayaan diri di masa kecilnya.

Ini bukan tentang sebagus apa hasil Jehan menggambar atau mewarnai seperti yang terlihat di foto. Tetapi tentang keberhasilan kami bekerjasama mengukir citra diri yang positif pada anak perempuanku.

Walaupun gambarnya masih sederhana, sama sekali belum sempurna. Meskipun menggunakan tangan kiri (kidal). Sekalipun rambutnya berantakan karena keringat, ia tetap merasa cantik. Dan tetap percaya diri apa adanya.

“Iya, bagus kok gambar Dede.” kataku penuh antusias.

“Horeee … Dede dipuji terimakasih, Bun.” pekiknya senang lalu berterimakasih dengan riang.

“Sama-sama sayang … tapi selalu ingat ya, tidak boleh sombong. Apalagi sampai merendahkan orang lain dan berkata tidak baik.”

“Iya, Bun.” angguk Jehan tanda setuju. Memang hal tersebut yang selalu aku pesankan pada anak gadisku.

Karena di rumah, aku membiasakan Jehan diterima apa adanya tanpa label negatif apapun.

“Meski sedang tak baik karena tantrum, Bunda tetap sayang Dede apa adanya.” Semoga kalimat yang terekam di masa kecilnya ini, dewasa kelak membuatnya tetap percaya diri dalam keadaan dirinya yang buruk sekalipun.

Kalau pun suatu saat (pasti) akan ada yang membully-nya, bismillah Jehan tidak termakan omongan orang tentang dirinya yang buruk. Sebab ia sudah lebih dulu yakin bahwa dirinya berharga buat dirinya sendiri dan kedua orangtuanya.

-Ribka ImaRi-

Sokaraja, 15 November 2019

(Penyintas depresi dan bipolar yang kini menjadi Mentor Kelas Online Mindfulness Parenting)

Penulis/Mentor bisa dihubungi via aplikasi whatsapp 085217300183

rumahmediagroup/ribkaimari

0Shares

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan