Blog Umum Parenting RNB 3 (Rumedia Nubar Bla Batch 3) Tulisan Wenny Kartika Sari

Manfaat Memelihara Anjing untuk Kesehatan Anak (Oleh: Wenny Kartika Sari)

Bagi umat non muslim, memelihara hewan peliharaan anjing adalah hal biasa. Hewan ini yang sangat menggemaskan dan paling setia. Keponakanku namanya David, mempunyai anjing jenis Husky. Anjing yang berbulu tebal warnanya putih dan hitam beberapa bagian di wajah dan badannya. Namanya Kimmie, tidak ganas, ramah dan baik terhadap semua orang yang datang ke rumah David. Aku kagum pertama kali melihatnya, bisa mengenali siapa yang pernah datang dan siapa yang belum.

Saat aku datang ke rumah David beberapa kali dan mengamati Kimmie benar-benar luar biasa. Dia tahu orang yang suka dengan dia atau nggak. Dia malah semakin berusaha mendekati dan penasaran kenapa orang yang didekati menghindar. Dari mimik mukanya kelihatan suka bercanda. Mudah mengingat apa yang diajarkan, buang air di mana, sampai disuruh berdiri, main bola dan banyak lagi.

Istri David namanya Eva, mereka menikah baru dua tahun yang lalu. Sebelum hamil mereka sudah memelihara Kimmie. Memang Eva sudah mempersiapkan kalau hamil supaya bayi dalam kandungan terbiasa dengan anjing. Dia tahu manfaat anjing sangat baik untuk kesehatan, karena dari kecil orang tuanya mempunyai banyak anjing sampai turun temurun.

Kimmie pun sudah diperkenalkan dengan bayi dalam kandungannya. Setelah bayinya lahir, laki-laki bernama Alpha Davson, sangat sehat dan tampan. Setelah di periksa laboratorium, luar biasa tidak ada alergi sama sekali seperti kebanyakan bayi sekarang mempunyai banyak alergi. Sudah terbukti secara medis salah satu manfaat anjing membuat anak tidak mudah terkena alergi.

Di bawah ini manfaat anjing yang pernah aku baca dari Google :

1.Mengurangi stres dan kecemasan
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anjing adalah penghilang stres yang luar biasa. Menurut American Humane Association, ada 20 ribu anjing servis di AS, termasuk 10 ribu anjing pemandu. Anjing secara alami menenangkan, memperhatikan kebutuhan emosional kita, dan kompeten dalam mengajarkan empati kepada anak.

2. Meningkatkan aktivitas dan ikatan antar keluarga
Anjing membantu menjaga anak-anak tetap aktif dan perhatian karena mereka perlu jalan-jalan dan olahraga secara teratur. Pada akhirnya, anjing juga mendorong keluarga untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama dengan cara yang sehat.

3. Mengajari balita berteman
Anjing dijuluki sebagai hewan dengan indera pendengaran yang tajam dan aktif yang bisa membantu anak untuk belajar mendapatkan teman.

4. Meringankan kecemasan sosial
Menurut The Dodo, anjing seperti pahlawan super bagi mereka yang menderita kecemasan khususnya dalam situasi sosial. Seekor anjing dapat memberikan gangguan di ruang publik. Tidak hanya orang lain yang melihat anjing itu, menarik perhatian kita atau anak kita, tetapi juga membantu kita untuk fokus kembali.

5. Anak tidak akan mudah terkena alergi
Studi terbaru menunjukkan bahwa anak-anak yang tumbuh di sekitar anjing cenderung lebih kebal terhadap alergi. Memperkenalkan anak-anak ke kuman memperkuat sistem kekebalan mereka, dan karena itu mengurangi risiko penyakit pernapasan dan alergi.

Ada kata-kata bagus dari Eva yang didapat dari instagram milperthusky, “Best part that parent can do is to teach their child to love animal.” Kata-kata ini menggambarkan kalau anak diajarkan mencintai hewan, juga bisa mencintai dan memperlakukan manusia dengan baik.

Kata-kata inilah yang membuat Eva bertekad untuk memelihara anjing, supaya Alpha juga bisa menjadi anak yang baik dan sehat.

Semoga bermanfaat apa yang sudah aku ceritakan tentang manfaat anjing. Terima kasih kepada David dan Eva yang menjadi sumber inspirasiku. Salam sehat buat kita semua. Kita juga perlu belajar dari sifat anjing. Supaya pribadi manusia semakin baik. Masa kalah sama hewan hehe. Semangat menjadi pribadi yang baik.

The Power of Thinking💖

The Power of Forgiveness💖

Solo, 4 November 2020
Wenny Kartika Sari
#Nubar
#Nulisbareng
#Level2
#BerkreasiLewatAksara
#menulismengabadikankebaikan
#week1day2
#RNB092NubarSumatera
#rumahmediagrup

0Shares

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan