Curahan Hati Depresi ImaRi's Blog Inspirasi dan Motivasi ala ImaRi Mindfulness Parenting Motivasi dan Inspirasi Tulisan Ribka ImaRi (Owner)

Kekurangan Uang Belanja Rawan Memicu Stres Bahkan Sampai Depresi

Kekurangan Uang Belanja Rawan Memicu Stres Bahkan Sampai Depresi

Oleh: Ribka ImaRi (Mentor Kelas Parenting Online)

Semangat pagi Sahabat ImaRi’s!

Di tengah kesyukuranku yang merasa cukup di tanggal tua, aku berdoa untuk semua ibu yang sedang mengalami panik akibat kekurangan uang belanja seperti aku 5 tahun lalu pada tahun 2016 ketika awal LDM-an dengan suami.

Dulu, aku bahkan sedang di fase depresi berat ketika menghadapi kekurangan uang belanja dalam kondisi jauh dari suami karena LDM (Purwokerto-Depok). Kini setelah Allah izinkan aku menjadi Mentor selama hampir 3 tahun, dengan mengamati diriku sendiri dan banyak ibu yang kumentoring, memang kekurangan uang belanja menjadi salah satu pemicu depresi.

Pernah, token listrik menjerit aku hanya bisa mengisinya seharga 20 ribu akibat sedang tidak bisa mengambil uang karena ATM terdekat sedang errror. Tahun 2016, beli pulsa listrik di alfamart terdekat, tidak melayani ATM BRI. Mau menuju ATM BRI yang lebih jauh, aku kerepotan membonceng Tyaga usia 4,5 tahun dan Jehan 2 tahun yang sedang tidur pulas. Mau di tinggal pun sangat tidak mungkin sebab tak ada tetangga di kiri, kanan, depan dan belakang rumah. Mau minta tolong suami isikan token listrik jarak jauh, beliau belum punya m-banking, pun sedang meeting jadi belum bisa ke alfamart/indomart.

Mau pinjam tetangga, aku malu sekali, meskipun pada akhirnya aku terpaksa meminjam karena token listrik menjerit terus dan aku masih harus menunggu suami pulang dari kota LDM-nya. Pokoknya, saat itu frustasi di posisiku dengan dua anak yang masih kecil-kecil dalam hadapi masalah yang tak semudah solusinya seperti sekarang ini sudah semudah genggaman tangan.

Satu-satunya hal yang bisa kulakukan saat itu hanya doa dan sabar sebagai satu-satunya penolong. Alhamdulillah jadi benar-benar belajar sabar. Memang sepertinya Allah izinkan semua terjadi di saat aku tidak bisa berharap pada siapapun meski pada suami sendiri, selain berharap pada Allah semata.

Kini, dalam setiap tarikan napasku menarik uang dari dompet, aku selalu berdoa, agar semua ibu diberi kekuatan dan kecerdasan oleh Allah dalam mengelola keuangan keluarga dan Allah cukupkan melalui suami sehingga jangan sampai istri-istri mengalami frustasi bahkan depresi akibat kekurangan uang belanja. Aamiin ya Allah.

Sokaraja, 30 Agustus 2021
Ribka ImaRi
Penyintas Depresi dan Bipolar
Mentor Kelas Parenting
Penulis 40 Antologi
Blogger/owner www.imariscornerparenting.com

0Shares

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan