Hari-Hari Bersama Duo ImaRi Inner Child Inspirasi dan Motivasi ala ImaRi Kelas Seni Mengasuh Anak (SMA) Mindfulness Parenting Tema Bebas Kategori Segar Tips dan Trik Mengasuh Anak Writing Challenge Rumedia (WCR)

Jika Orangtua Berharap dihormati Anak, Maka Hormati Juga Anakmu

Oleh: Ribka ImaRi

“Karena sejatinya anak hanya menirulakukan. Maka tak lain dan tak bukan, jadilah orangtua yang bisa menjadi role model yang baik lebih dulu.”

Ketika kami (ayah, bunda, Tyaga, Jehan) sepakat bersama untuk pisah kamar dan TJ diajak menghormati kamar orangtua. Untuk tidak sembarangan masuk kamar orangtua. Sebaiknya ketuk pintu dan izin dulu.

Disaat itu pula, TJ mencontoh menetapkan aturan, “Ayah, Bunda, sebaiknya juga nggak sembarangan masuk kamar Mas dan Dede. Hanya boleh sajadah yang kita pakai bersama. Taruh mukena Bunda, sarung Ayah dan ngecas HP di kamar ayah bunda aja ya.”

Sumber foto: dokumentasi pribadi

“Baiklah, Nak. Maafkan kalau masih suka lupa ke kamar Mas dan Dede tanpa izin. Tolong ingatkan ya. Terima kasih, Sayang.”

Semudah itu menjadi role model yang baik untuk anak. Hanya mengucap kata maaf di depan anak, tak akan membuat harga diri orangtua jatuh tak berharga. Asalkan segera mau melepas EGO sebagai orangtua yang inginnya selalu dihormati anak, tetapi sering lupa untuk balik menghormati anak bahkan dari hal yang sepele.

Sumber foto: dokumentasi pribadi

Tulisan ini Bunda buat supaya kelak Mas dan Dede besar dan mendewasa bisa terus belajar menghormati siapapun yang lebih tua. Terutama menjadi role model yang baik juga untuk anak-anakmu. Cucu-cucunya Ayah Bunda yang baik akhlaknya. Hormat pada orangtua bukan karena terpaksa dan takut disebut anak durhaka. Namun dengan penuh kesadaran, menghormati orangtua karena ibadah kepada Sang Pencipta yang telah memberi orangtua terbaik dalam hidup. Bismillah Nak.

-Ribka ImaRi-

Seorang anak yang pernah tidak hormat pada orangtuanya karena luka batin akibat penolakan dan pengabaian dari orangtua. Sampai akhirnya bisa belajar menyembuhkan luka batin jadi bisa hormat kembali pada orangtua. Demi memberi role model nyata cara menghormati orangtua kepada TJ.

Sebab bagaimana mungkin TJ bisa hormat pada orangtuanya jika orangtuanya sendiri belum bisa hormat pada orangtua (mbahnya TJ)

Sokaraja, 7 Juli 2020
-Ribka ImaRi-
❤️Penulis 21 buku Antologi
❤️Depresi & Bipolar Survivor (2015-2018)
❤️Owner usaha cemilan ImaRi’s Corner (2017)
❤️Mentor Kelas Seni Mengasuh Anak (SMALP-2018)
❤️Mentor Kelas Tantrum Anak (KTA-2018)
❤️Mentor Kelas Mengasuh Inner Child (MIC-2019)
❤️Founder support grup wa ImaRi’s Corner Parenting (2020)
❤️Owner website ImaRi’s Corner Parenting (2020)
❤️imariscornerparenting/ribkaimari

0Shares

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan