Blog Umum Inspirasi dan Motivasi ala ImaRi RNB 3 (Rumedia Nubar Bla Batch 3) Tulisan Wenny Kartika Sari

Jasa Guru Luar Biasa (Oleh: Wenny Kartika Sari)

Sumber foto: google edit meitu.

Kita semua sudah tahu bahwa guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, tetapi jasa mereka sangat berarti. Perjuangan mereka mendidik muridnya sampai menjadi orang sukses, tetapi guru masih tetap menjadi guru. Aku masih teringat bagaimana jasa mereka, baik guruku apalagi guru jaman sekarang dengan kesulitan dan tantangan baru di era pandemi.

Sejak bulan Maret 2020, sekolah mulai diliburkan sehingga sekolah memakai sistem online atau istilahnya PJJ (Pelajaran Jarak Jauh). Dengan cara yang baru ini, bukan hanya murid yang mengalami kesulitan, guru dan terutama orang tua murid benar-benar merasakan rumitnya sekolah online.

Di sinilah peran guru terlihat nyata, orang tua yang biasanya menyerahkan total pendidikan anak kepada guru, sekarang mau nggak mau harus turun tangan sendiri. Puji Tuhan anakku Aurel sudah mandiri sejak kelas satu SD (Sekolah Dasar), sehingga hanya sekali waktu kalau ada kesulitan internet dan beberapa hal aku membantunya.

Ironis sekali ya, orang tuanya sendiri menghadapi anaknya satu, dua atau tiga merasakan betul kesulitannya, sedangkan guru mendidik banyak anak orang lain malah bisa. Luar biasa sekali jasa guru, sudah selayaknya kita memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada mereka. Terutama di masa pandemi Covid-19 ini sungguh suatu tantangan baru buat guru.

Kesulitan di bidang pendidikan sungguh terasa terutama di daerah pedesaan yang pastinya susah sinyal. Bahkan di kota saja karena banyaknya pengguna internet di berbagai bidang membuat stres. Guru harus mempelajari sekolah dengan cara online, karena tidak semua guru memahaminya.

Mereka bener-benar berjuang dengan berbagai cara untuk memberikan kemudahan pelajaran dengan sistem online ini. Bahkan memberikan waktu ekstra di awal sistem baru ini. Terutama untuk guru anak-anak usia playgroup, mereka pun berupaya datang ke rumah murid.

Sungguh suatu perjuangan yang tidak mudah. Aku mengimbau kepada orang tua murid yang suka mengkritik guru, supaya menyadari kesulitan ini bukan hanya dari satu pihak. Alangkah baiknya kita saling mendoakan supaya kesulitan ini segera berakhir. Tetap berpikir positif walaupun di tengah badai.

Terima kasihku sebesar-besarnya kepada para guru yang sudah sangat berjasa mendidik para murid sehingga tercipta orang-orang sukses yang mempunyai masa depan yang cerah. Doaku untuk para guru, semoga sehat selalu dan berlimpah rezeki.

The Power of Thinking💖
The Power of Forgiveness💖

Solo, 27 November 2020
Wenny Kartika Sari
#Nubar
#Nulisbareng
#Level2
#BerkreasiLewatAksara
#menulismengabadikankebaikan
#week4day3
#RNB092NubarSumatera
#rumahmediagrup

0Shares

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan