Blog Umum RNB 3 (Rumedia Nubar Bla Batch 3) Tulisan Wenny Kartika Sari

Hidup adalah Pilihan (Oleh: Wenny Kartika Sari)

Sumber foto: google dan edit by meitu.

Hidup itu tak pernah lepas dari pilihan. Ada masa susah ada masa senang, silih berganti mewarnai hidup kita. Pengalaman mengajarkan banyak hal untuk semua manusia di bumi ini. Masalahnya, “Bagaimana kita akan mewarnainya?”

Itu pilihan kita masing-masing. The Power of Thinking jawabannya, apa yang kita pikirkan, itulah yang terjadi. Ada yang mau belajar dari pengalaman, ada yang justru menghindari proses kehidupan. Istilahnya mau lari dari kenyataan yang sedang dihadapi.

Apa yang terjadi bila kita lari dari kenyataan pahit, yang pasti jarang absen menghampiri kita? Masalah semakin rumit dan tanpa sadar, kita sudah memilih jalan yang salah. Pada saat sekolah kita pasti sering mengerjakan soal pilihan ganda atau uraian. Saat kita salah dalam menjawab, paling parah dapat nilai jelek dan harus remidi.

Bagaimana bila kita salah dalam mengambil keputusan penting dalam hidup? Pasti harus berani membayar harga mahal, artinya mencari jalan keluar yang semakin rumit dari kesalahan yang sudah kita buat. Dalam hidup bukan hanya dua pilihan saja, seringkali banyak pilihan yang membingungkan. Apa yang bisa kita lakukan bila dihadapkan pada pilihan yang sulit?

Pengalamanku yang begitu berat, mengajarkanku untuk mendengarkan suara hati. Inilah beberapa cara yang membuatku lebih mudah menentukan pilihan yang sulit:

1. Meditasi : pembersihan hati sehingga bisa lebih jernih dalam berpikir
2. Discernment : melatih diri untuk membedakan mana pilihan yang baik mana yang tidak
3. Membuat tabel pilihan : menulis berapa banyak pilihan, apa konsekuensi dari masing-masing pilihan.
4. Mengubah mindset : walaupun dalam kondisi nggak baik, tetap tanamkan hal-hal baik

Pertama memang terasa sulit dalam menentukan pilihan, baik itu jodoh, pekerjaan, memilih rumah dan banyak sekali pilihan dalam hidup. Dengan melakukan yang kusebutkan di atas, pilihan yang kita buat banyak benarnya. Seandainya memang salah memilihpun, sudah siap apapun konsekuensinya, karena sudah dipikirkan dari awal. Hal terpenting doa mohon petunjuk Tuhan.

Aku sendiri dalam hal apapun selalu bertanya pada Tuhan, dari memilih dokter, pekerjaan, jodoh dan apapun bahkan sampai hal-hal terkecil. Cara ini sungguh menambah kepekaan batin, sehingga nggak perlu waktu lama saat harus memilih dan menentukannya dalam waktu singkat.

Tetap semangat buat kita semua yang tidak bisa menghindari beberapa pilihan dalam hidup. Kunci utama adalah KETENANGAN. Dalam ketenangan inilah pikiran kita lebih jernih, sehingga kita bisa melihat dan merasakan pilihan mana yang terbaik. Selamat berproses dalam menjalani hidup yang semakin sulit, supaya mendapatkan pilihan terbaik dalam hal apapun.

The Power of Thinking 💖

The Power of Forgiveness 💖

Solo, 13 November 2020
Wenny Kartika Sari
#Nubar
#Nulisbareng
#Level2
#BerkreasiLewatAksara
#menulismengabadikankebaikan
#week2day3
#RNB092NubarSumatera
#rumahmediagrup

0Shares

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan