Anak Lelakiku, si Pemicu Inner Child-ku

Oleh: Riba ImaRi “Bunda … terima kasih ya seharian ini sudah baik banget. Sekarang Bunda bisa sabar setiap hari meskipun lagi mens.” “Iya, Nak. Sama-sama Sayang.” “Kok bisa sih, Bun mengubah diri sendiri? Sekarang baik banget. Nggak pernah marah-marah lagi kayak dulu. Padahal dulu kalau marah kayak setan apalagi pas mens kayak monster. Eh, kayak …

0Shares

Pengendalian Emosi Rindu Ingin Bertemu

Oleh: Ribka ImaRi Kata Dilan, “Jangan rindu. Ini berat, kamu takkan kuat. Biar aku saja.” Kata Ribka ImaRi, “Ya, benar! Pengendalian emosi rindu itu memang berat. Namun, kita bisa belajar caranya. Yuk, berlatih bersama!” Selama ini orang sering salah kaprah. Setiap kali diajak bicara tentang emosi, orang menganggap emosi itu indentik dengan marah. Ternyata, emosi …

0Shares

Dampak Negatif Tik Tok Bagi Anak Usia Dini

Oleh: Ribka ImaRi “Tik Tok-an yuk! Lucu-lucuan! Sini, lihat nih!” seru seorang ibu seraya memanggil anak-anak yang sedang kumpul bocah untuk mendekat. Kalau tidak salah, seingatku momen itu terjadi sekitar dua tahun lebih yang lalu saat kami sedang kumpul bersama sesama wali murid sewaktu Tyaga masih duduk di TK B. Lalu si anak yang merupakan …

0Shares

Jiwa Terluka

Oleh: Ribka ImaRi Sumber gambar : google Duhai jiwa masa kecilku ada apa denganmu? Kulihat kau meringis Menahan tangis Tapi tak seorang pun menggubris Duhai jiwa masa kecilku Ada apa denganmu? Kau bilang sedang bermain seru Dengan sahabat berseragam putih biru Apa pasal wajahmu seketika berubah sendu? Duhai jiwa masa kecilku Ada apa denganmu? Kau …

0Shares

Surat Nok Untuk Bapak dan Mama

Oleh: Ribka ImaRi Sumber foto: dokumentasi pribadi Bapak dan mamaku tersayang, Saat melihat foto di atas, Nok sudah bisa sangat bersyukur dan bangga mempunyai orangtua seperti Bapak dan Mama. Karena ternyata luka batin yang Bapak dan Mama alami itu semua lebih parah dari yang Nok rasakan. Bapak terlahir tanpa mengenal bapaknya. Karena bapaknya bapak sudah …

0Shares

Membentuk Inner Child Menjadi Ibu Sabar

Oleh: Ribka ImaRi 1 Mei 2017 Jam dinding menunjukkan pukul 03.30 wib. Bunda semedi di kamar mandi malah ditunggu oleh anak gadis yang baru berusia 2 th 8 bln kala itu. Pintu kamar mandi sengaja bunda buka sedikit, supaya tetap bisa melihat muka bunda dan sambil mengobrol. Karena Jehan anak kedua, bunda sudah tidak kaget …

0Shares

Makian Itu Menjadi Kenyataan (Bagian 3-Tamat)

Oleh : Ribka ImaRi Baca cerita sebelumnya Makian Itu Menjadi Kenyataan Bagian 1 Makian Itu Menjadi Kenyataan Bagian 2 ‘Ananda Imaduddin Muhamad Nur Bin Fathkurrahman Saya nikahkan dan saya kawinkan engkau dengan dengan putriku yang bernama Ribka Triwahyu Listiyaninsih Binti Sugiman dengan maskawinnya berupa seperangkat alat salat dan uang satu juta tujuh ratus delapan puluh …

0Shares

Inner Child Susah Makan dan Mandi

Oleh: Ribka ImaRi Tyaga dan Jehan sama seperti anak biasa pada umumnya. Namun, aku dan suami membiasakan keduanua untuk tertib dan disiplin sejak kecil. “BOLEH NONTON TV KALAU SUDAH MANDI & SARAPAN.” Sounding ini naik dan turun pelaksanaannya sejak keduanya membesar dan sudah bisa negosiasi. Kadang ada momen terlalu longgar yang membuat bundanya ingin menyerah …

0Shares

Anak, Tanggung Jawabku Kepada Allah

Oleh: Ribka ImaRi 28 Januari 2017 “Bun, makan ….” ucap Tyaga anak pertamaku yang masih berusia 4 tahun 10 bulan setengah merengek meminta makan. Karena memang sudah lewat waktunya sarapan pagi yang biasanya pukul tujuh setiap harinya. Namun, aku masih bergeming di atas tempat tidur sambil menggulir halaman facebook-ku. Jehan, gadis kecilku yang baru berusia …

0Shares

Kosong

Oleh: Ribka ImaRi Januari 2019 Aku bersama keluarga kecilku menonton film di bioskop pada akhir tahun 2018. Lalu kami berlibur ke pantai pada awal tahun 2019. Sekilas orang melihat tak ada yang kurang di dalam hidupku. Kebahagiaan keluarga kecilku terdokumentasikan dengan rinci. Jika aku tak jujur bercerita, memang ada yang tak beres dengan perasaanku. Akibat …

0Shares