Dalam Keterbatasan Keadaan Pandemi Covid-19, Stop Jadikan Anak Pelampiasan

Oleh: Ribka ImaRi “Ya Allah, cukupkanlah rezeki semua ibu yang mungkin sedang dalam keterbatasan keuangan. Terutama di saat pandemi Covid-19 seperti ini. Ada ibu banyak yang terkena imbasnya karena keadaan pekerjaan suaminya. Kumohon cukupkan seperti Engkau selalu mencukupkan semua kebutuhanku sedari dulu. Selalu saja ada jalan rezeki dari-Mu.” Selama ini, sebaris doa panjang lebar seperti …

0Shares

Sahur Pertama sebagai Media Pembelajaran untuk Menerima Keadaan Pandemi Corona

Writer Challenge Rumedia Tema ditentukan : Sahur Pertama — Sebenarnya, sejak awal memeluk agama Islam dan menikah di tahun 2010, bagiku tidak pernah ada hal istimewa di sahur pertama. Sebab memang tidak ada momen berkumpul bersama keluarga besar seperti kebanyakan orang. Tidak berkumpul bersama keluarga besarku karena mama dan bapak memang tidak menjalankan ibadah puasa …

0Shares

Bukan Hasil yang Utama, Melainkan Proses Sabar untuk Sebuah Performa

Beberapa waktu lalu Tyaga mendapat tugas dari guru Mata Pelajaran Bahasa Arab, ibu Itsna Luthfina Zuraida. Tugas menyanyikan lagu “Indonesia Tanah Air Beta” dalam versi bahasa Arab untuk divideokan. Jadilah Tyaga smule-an di handphone bunda. Hehe Tahu nggak pemirsa? Ini benar-benar menjadi ladang belajar sabar buat ayah dan bundanya loh. Karena pengambilan video-nya bisa sampai …

0Shares

Kelebat Pelecehan di Masa Silam Bikin Monster Inner Child Naik Pitam

Writer Challenge Rumedia Tema Bebas Tetap —– Semua ibu yang memiliki sepasang anak laki-laki dan perempuan, tentulah sering mendapati keadaan nyata di depan mata seperti pada foto bawah ini. Sumber foto: dokumentasi pribadi Pada sebagian besar ibu, mungkin keadaan ini adalah hal biasa dan umum terjadi. Namanya juga anak-anak dan bersaudara kandung. Biasanya mereka akan …

0Shares

Mengikis Akar Perfeksionis Kronis-Bagian 4 (Tamat)

Bagian 1: https://wp.me/pbUoBX-3z Bagian 2: https://wp.me/pbUoBX-3H Bagian 3: https://wp.me/pbUoBX-3S Sementara gangguan yang satunya lagi adalah Obsessive-compulsive personality disorder (OCPD) merupakan suatu gangguan kepribadian yang ditandai dengan perfeksionisme, keteraturan, dan kerapian yang ekstrem. Seperti pada saat membersihkan lele ini. Harus benar-benar teratur langkah-langkah membersihkannya sampai menggunting perut lele dengan rapih tanpa beda satu sama lain. Sumber …

0Shares

Mengikis Akar Perfeksionis Kronis-Bagian 3

Bagian 1: https://wp.me/pbUoBX-3z Bagian 2: https://wp.me/pbUoBX-3H —– Yang kuingat, segala macam gangguan mental yang paling terlihat padaku, terjadi beberapa hari setelah kejadian mas-ku kandung yang meninggal karena sakit di tahun 1992. Aku ingat betul saat aku mulai mempunyai kebiasaan menyiram piring atau gelas dengan air matang setiap kali akan kupakai untuk makan. Hal itu aku …

0Shares

Yakin dan Percaya, Pasti Ada Ujungnya

Lima tahun lebih sudah berlalu … ketika sepulang dari RS, dimulai perjalanan panjangku menjadi ibu baru dari seorang batita aktif dan bayi baru lahir tanpa bantuan siapapun, kecuali Allah dan suami. Di saat suami usai cuti menemani melahirkan, bahkan aku benar-benar tidak bisa berharap kepada orangtuaku yang hanya berjarak 30 km, bisa mendampingi diawal kehidupan …

0Shares

Lockdown Bikin Bosan? Jangan Jadikan Anak Tempat Pelampiasan

Writer Challenge Rumedia Tema Bebas Segar —– ‘Kalau ke luar sabtu, ke luar lagi Jumat. Ke luar Jumat, ke luar lagi Kamis. Kalau ke luar Kamis, ke luar lagi Rabu. Gitu aja terus nggak udah-udah. Mau sampai kapan hidup kayak gini? Kehidupan macam apa yang sedang kami jalani sekeluarga?‘ tanyaku dalam gumam di hati sambil …

0Shares