Blog Umum RNB 3 (Rumedia Nubar Bla Batch 3) Tulisan Wenny Kartika Sari

5 Cara Dahsyat Menulis Cepat (Oleh: Wenny Kartika Sari)

Kembali pada hari ini menulis dengan tema menulis dari nubar pro. Bukan hal yang mudah bagiku walaupun sampai saat ini masih bisa bertahan di level 3. Tetapi aku merasakan manfaat menulis dan terus menulis benar-benar terjadi. Selama ini kendala aku menulis karena banyak membayangkan ide yang sudah di kepala dan memikirkan komentar orang.

Setelah aku sudah menerima kekuranganku ini dan mulai mengikuti kata hati tanpa banyak membayangkan, ide benar-benar lancar terus mengalir juga. Setelah aku melihat video pak Deejay semakin menguatkan apa yang sudah kulakukan selama ikut challenge nubar ini.

Berikut ini ada 5 Cara Dahsyat Menulis Cepat dari pak Deejay bisa dilihat di YouTube Channel NuBar Pro.

1. Catat Ide: tulis di kertas atau buku saku, tidak perlu menyepi di.gunung, karena ide bisa datang kapan saja bahkan di tengah keramaian.
2. Eksplorasi dengan data: kenapa terjadi sesuatu peristiwa harus dijelaskan secara rinci, benar, akurat, dan lengkap.
3. Polakan tulisan dengan Outline Maya (apa yang muncul dipikiran), baru Outline Tentatif (dituliskan masih bisa diubah)
4. Abaikan gangguan: harus fokus
5. Tancap gas dengan cara tidak berhenti sebelum tulisan selesai

Dari penjelasan pak Deejay di atas, Puji Tuhan selama ini aku sudah melakukannya. Walaupun pasti ada suatu masa di mana benar-benar buntu, tetapi aku selalu menanamkan dalam pikiranku, pentingnya Ketenangan Dalam Menulis, sehingga bisa mengalir lagi ide dengan tema apapun.

Betul sekali apa yang dikatakan pak Deejay, aku mengalami sendiri ide bisa muncul di mana saja. Contohnya aku cuma jalan dari halaman rumah masuk ke dalam rumah dan melihat bunga di pohon mangga, langsung mengalir ide yang mau kutulis. Aku memakai words di gawaiku sehingga kapan saja ide muncul langsung kutulis di situ.

Luar biasa bila kita melakukan segala sesuatu dengan sepenuh hati. Aku sudah rutin meditasi sejak tahun 2000, sangat membantu untuk mengatasi cara nomor 4 yang tidak bisa dihindari. Masalahnya aku di rumah bersama anakku Aurel saja kalau pagi sampai sore. Bagaimana mungkin bila ada tamu, lalu aku biarkan?

Aku praktikkan dengan cara Mindful dalam hal apapun. Tetap berhenti menulis, menemui tamu dan banyak hal lain menerima telpon rumah, memasak untuk anak dan lain sebagainya. Memang lebih baik tetap fokus, tetapi kalau tidak bisa menghindar dari gangguan-gangguan yang terjadi ya mengalir saja.

Caraku sendiri untuk bisa menulis cepat dalam kondisi banyak perkerjaan di waktu yang sama:
1. Meditasi
2. Tenang
3. Mindful (secara sadar melakukan semua pekerjaan dengan sabar)

Semoga apa yang kusampaikan bermanfaat buat para pembaca dan sesama teman nubar ini yang mungkin mempunyai pengalaman yang sama denganku ada banyak kesibukan. Bagi yang tertarik untuk memahami lebih dalam tentang menulis bisa menyaksikan di YouTube Channel NuBar Pro. Semangat buat semua pejuang literasi dalam challenge nubar level 3 ini. Tebarkan kebaikan penuh makna.

The Power of Thinking💖

The Power of Forgiveness💖

Solo, 7 Desember 2020
Wenny Kartika Sari
#Nubar
#Nulisbareng
#Level3
#BerkreasiLewatAksara
#menulismengabadikankebaikan
#week2day1
#RNB092NubarSumatera
#rumahmediagrup

0Shares

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan