ImaRi's Corner Parenting

Tata Tertib WAG ICP (ImaRi’s Corner Parenting)

Oleh: Mentor Ribka ImaRi

Sumber foto: edit via canva

Whatsapp Group (WAG) ini merupakan Pojok Belajar Kesehatan Jiwa Keluarga yang didirikan oleh Mentor Ribka Triwahyu Listiyaningsih, SH atau lebih dikenal dengan nama pena Ribka ImaRi. (Baca juga: Profil Mentor).

Tagline ICP

“Membangun jiwa yang berKESADARAN guna menaikkan level KESABARAN”

Berikut jadwal Mentor, bisa dilihat pada flyer di bawah ini:

Sumber foto: edit via canva

Berikut jadwal WAG ImaRi’s Corner Parenting (ICP):

Harap diperhatikan demi grup parenting kita bisa bertumbuh dan berkembang setiap harinya.

Sumber Foto: Edit via canva





Fasilitas Bersama

1. Program Jumat Penuh Rahmat, setiap minggu pertama ada 1 slot GRATIS kelas MIC untuk member ICP (yang belum pernah menggunakan fasilitas ini, yang bisa diberikan kepada keluarga terdekat. Silakan manfaat semaksimal mungkin untuk orang terdekat yang terkendala biaya, agar bisa merasakan belajar di kelas MIC. Untuk minggu kedua/ketiga/keempat/kelima untuk Sahabat FB/WA/IG.

2. Setiap Sabtu minggu pertama ada kelas zoom gratis khusus member ICP membahas topik-topik yang dirasa penting yang menjadi isu member ICP.

3. Setiap Sabtu minggu kedua ada Kelas Zoom berbayar untuk umum yang bisa diikuti dengan harga khusus member ICP. Membahas seputar parenting secara umum.

4. Manfaatkan fasilitas jadwal SemBaRi (Sejam Bareng Ribka ImaRi) pada Senin-Jumat, 15-16 WIB. Boleh japri Mentor jika benar-benar urgent. Jika masih bisa disharingkan di grup, silakan saling memberi masukan yang menenangkan guna bertumbuh dan berkembang menjadi jiwa yang mandiri.

Aturan WAG ICP, mohon dibaca dengan seksama

1. Latar belakang dibentuknya WAG ICP

Karena ini grup Belajar Kesehatan Jiwa Keluarga, maka cakupan bahasannya fokus tentang jiwa keluarga inti (suami, istri dan anak). Grup ini bermula dari kelas Mengasuh Inner Child Batch 1 pada Desember 2019. Mengapa namanya ImaRi’s Corner Parenting? Karena bermula dari nama usaha pempeknya Mentor, yaitu ImaRi’s Corner pada Oktober 2017. ImaRi itu singkatan dari nama depan Imaduddin-Ribka. Pun, karena aku rindu, Allah mengijabah doaku, suatu saat nanti bisa duet dengan suami. Bisa berbagi bagaimana pengalaman perjalanan panjang beliau memutus rantai IC yang pernah mendapat KDRT parah dari bapaknya yang tentara. Jadi pernah tanpa sadar sulit terkendali, pernah KDRT ke aku dan Tyaga Jehan, sampai akhirnya bisa terkendali emosi seperti saat ini. Ini sungguh luar biasa. Semoga bisa menginspirasi bapak-bapak lainnya. Mohon bantu doakan ya, Sahabat ICP. Terima kasih.

Dikarenakan kebanyakan peserta kelas MIC 1 tetap memilih stay untuk mendapat lanjutan pembelajaran dari sharing-sharingku sebagai Mentor, artikel-artikel tulisan Mentor yang bisa menjadi pembelajaran, akhirnya Mentor berinisiatif menjadikan WAG Alumni MIC, juga untuk semua alumni kelas online lainnya dan private yang bersedia bergabung di WAG support yang akhirnya di bulan April 2020 Mentor memberi nama grup ini ImaRi’ Corner Parenting (ICP).

2. Tak terasa sudah hampir 2 tahun bersama di grup ini. Mentor ucapkan banyak terima kasih untuk yang masih tetap stay. Meskipun ada banyak juga yang akhirnya memilih left dengan pamit ataupun tanpa pamit.

3. Karena setiap yang tergabung di grup ini bermula dari undangan tautan yang Mentor berikan di kelas MIC 2 dan seterusnya, jadi Mentor menilai semua yang tergabung di sini pasti dengan kerelaan bergabung. Jika ada perasaan DISTRES EMPATI (terlalu empati malah bikin stres diri sendiri) saat membaca curhat anggota ICP atau HP masing-masing ada beban grup whatsapp sekolah anak atau sudah mandiri menangani emosi diri sendiri, maka Mentor mempersilakan kepada yang memang ingin left diberikan waktu selama seminggu ini. Setelahnya, silakan saling aktif sesama anggota.

4. Untuk ke depannya, Mentor persilakan semua peserta bisa BERPERAN AKTIF saling menyapa dan berbagi motivasi serta informasi positif untuk kebaikan grup ini. Dengan tetap menjaga kenyamanan bersama untuk tidak berisi SARA, membully dan menghakimi.

5. Anggota yang tergabung adalah semua yang sudah teredukasi di kelas MIC, jadi sudah paham seperti apa pelajaran di kelas MIC. Silakan dibuka-buka lagi pelajaran kelas MIC dengan baca-baca di website imariscornerparenting.com kategori inner child, mindfulness, dll.

6. Jam posting setiap harinya dari jam 06-21. Apabila diperlukan dan mendesak terkait kesehatan mental dan urgensi antar anggota group maka Mentor memperbolehkan melakukan chat di group hanya belum tentu mendapatkan jawaban atau respon segera. Bisa di up lagi ketika jadwal SemBaRi.

7. Ketika curhat sebaiknya menghargai masukan dari semua anggota, bukan untuk mencari perhatian dan pembenaran. Tetapi fokus pada penerimaan EMOSI & SOLUSI selanjutnya belajar MELEPASKAN MENTAL KORBAN ganti MENTAL PEJUANG untuk rajin mengaplikasikan teknik-teknik MIC sebaik-baiknya sehingga bersama-sama seluruh anggota grup ICP bisa bertumbuh dan berkembang ke arah yang cerdas emosi tidak berkutat pada masalah yang itu-itu saja.

8. Semua pengambilan keputusan adalah tanggung jawab masing-masing Mentee. Semua masukan di grup sifatnya sukarela. Semua yang memberi masukan sifatnya sukarela, tidak maksa apalagi menjerumuskan dan menghakimi. Tetapi sebisa mungkin yang menenangkan emosi.

9. Untuk kesehatan mental bersama member WAG ICP, ketika berinteraksi satu sama lain, meskipun sedang konteks bercanda, hindari yang menyentuh isu pribadi masing-masing Mentee. SEBAIKNYA BICARA YANG BAIK, JIKA SEDANG TIDAK BISA BAIK, LEBIH BAIK DIAM AGAR TIDAK MEMICU MEMBER LAIN. Jika kedapatan ada salah satu anggota/Mentee yang memicu Mentee lainnya berdasarkan laporan japri, jika satu kali sudah diperingatkan oleh Mentor, lalu melakukan lagi lebih dari satu kali dengan membuat tidak nyaman bukan hanya satu Mentee saja yang melaporkan, tetapi ada lebih dari dua Mentee, dengan kesadaran jiwa sehat, setelah melakukann pertimbangan, Mentor berhak mengeluarkan dari WAG tanpa diganggu gugat via japri.

10. Untuk sesi curhat guna mendapat solusi dan tanya jawab terkait masalah “MENGASUH INNNER CHILD” atau masalah parenting dan yang lainnya artikel-artikel yang Mentor share, mohon maaf semakin terbatasnya waktu, akan ditanggapi dan buka di sesi SemBaRi, setiap HARI SENIN-JUMAT pukul 15-16 WIB. Mohon diingat untuk mempersiapkan pertanyaan dan mempergunakan kesempatan sebaik-baiknya. Semua Mentee bisa belajar dari kasus-kasus yang ditanyakan Mentee lain dan dijawab Mentor. Harap bintangin jika dirasa bermanfaat untuk pembelajaran.

11. Hari Sabtu dan Minggu, hari LIBUR Mentor untuk istirahat dan Buang Sampah Emosi. Jadi hrup diisi dengan promo karya dan jualan semua Mentee.

12. Jika dalam waktu 1 bulan, 2 bulan dan seterusnya selama berbulan-bulan pasca selesai kelas MIC yang diikuti, anggota masih merasa jalan ditempat, merasa tidak ada progress yang dirasa berarti, merasa masih sering stress berat atau depresi, bukan berarti peserta tidak cakap melatih diri. Ini karena keadaan otak yang butuh bantuan ahlinya/tenaga kesehatan. Jangan tunggu keadaan ini sampai menahun dan berputar-putar pada masalah yang sama. Itu tandanya peserta membutuhkan ahli medis untuk mendapat pengobatan buat otak yang ada gangguan fungsi. Mentee disarankan mengunjungi psikolog dengan dana pribadi atau psikiater yang bisa dengan BPJS (gratis).

13. Mentor bebas share artikel-artikel dari website imariscornerparenting.com yang berisi sharing dan solusinya. Anggota bisa bintangin sebagai bahan mencari pelajaran secara mandiri. Mentor juga bebas membuat pengumuman terkait diri sendiri, iklan, kasus, pertanyaan dan ebook dan hal lain yg berkaitan dengan topik psikologi, pemulihan dan pengembangan diri. Bisa dibintangi untuk belajar mandiri bisa dilihat di media tautan.

14. Jika ada pembicaraan yang sifatnya sangat pribadi yang tidak penting bagi yang lain sebaiknya japri. Jaga kerahasiaan serta hormati materi dan permasalahan orang lain saat dikupas dan diberi solusi. Sadari sebagai sebuah hal yang akan berbeda satu dengan yang lainnya. Hormati anggota yang lainnya

15. Kasus khusus yang perlu pendampingan dan konsultasi pribadi harap untuk melakukan japri kepada Mentor silakan bisa mengikuti program konseling privat yang disediakan.

16. NO HOAX! Informasi harus dipastikan kebenarannya. Menggunakan bahasa yang sopan dan menjaga kebaikan dalam berkomunikasi di group.

17. Group ini hanya digunakan untuk Pojok Belajar Kesehatan Jiwa Keluarga, pemberdayaan dan pengembangan diri, bukan untuk share komunitas yang lain yang tidak bekerjasama dengan maupun memberikan kontribusi yang nyata terhadap komunitas ini. Kecuali share dari Mentor terkait informasi event kepenulisan.

18. Peraturan yang belum diumumkan apabila diperlukan akan disampaikan kemudian.

Tujuan dibentuknya wa group support ini untuk menunjang proses belajar MINDFULNES PARENTING dan membawa dampak membaik kepada sesama anggota grup dan keluarga. Terima kasih.

Sokaraja, 29 Oktober 2021

Diperbaharui.

Salam semangat bahagia dan sehat jiwa raga
Ribka Triwahyu Listiyaningsih, SH.
Mentor Kelas Mengasuh Inner Child
Pengasuh wag ICP

0Shares

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan